Tips #001 : Berlatih Posisi Memotret [Jangan Hanya Satu Kali Jepret]

Aspek terpenting dalam fotografi, dunianya tukang potret, akan terkait dengan sudut pengambilan gambar atau foto. Sudut yang berbeda akan menghasilkan foto dengan nuansa yang berbeda.

Dari atas, dari bawah, dari tengah, dari samping, dari belakang. Hasilnya pasti akan berbeda.

Oleh sebab itu, seorang fotografer harus terbiasa dan membiasakan dirinya untuk tidak hanya terfokus pada satu sudut pandang saja. Dan, tidak ada cara lain untuk itu selain dengan berlatih.

Latihannya sederhana saja. Tidak perlu berpikir rumit.

Caranya dengan memotret jangan hanya sekali untuk obyek yang sama. Lakukan beberapa kali. Toh tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Hanya mengeluarkan sedikit tenaga.

Mulailah dengan posisi memotret standar. Kemudian, coba dengan posisi lain, seperti berjongkok. Lakukan lagi dengan posisi tiarap, atau dari arah lain, seperti samping atau belakang.

Obyek Utama Tidak Selalu Harus Berada di Depan B

Mundur atau maju dari posisi semula pun jangan lupa dilakukan. Lakukan, terus sampai, kalau bisa, semua posisi yang terpikirkan sudah dicoba.

Kemudian, di rumah, atau dimanapun saat sudah luang waktunya, silakan lihat kembali semua foto yang dihasilkan. Telaah, dan pikirkan lagi serta putuskan mana foto yang terbaik menurut Anda. Silakan simpan foto terbaik itu dan delete sisanya.

Lakukan dan lakukan lagi berulang-ulang sampai Anda menemukan dan memahami apa yang dihasilkan dari setiap sudut pengambilan foto. Pastilah Anda akan menemukan sesuatu yang “berbeda” dari setiap foto tersebut.

 

Memang, Anda akan merasa capek. Pada awalnya juga akan merasa sia-sia karena akan banyak foto yang terbuang.

Tetapi, jangan lupa bahwa Anda mendapatkan sesuatu yang sangat berharga dan berperan besar dalam dunia fotografi. Hal tersebut adalah bahwa Anda akan menjadi kreatif. Tidak lagi terpaku pada satu posisi saja. Kebiasaan pun akan hadir untuk mencoba mencari dan menemukan sudut terbaik untuk sebuah obyek.

Tidak lagi statis dan yang itu itu saja.

(Baca Juga : PRINSIP KISS : INDAH TIDAK PERLU RUMIT )

Obyek Utama Tidak Selalu Harus Berada di Depan A

Jangan lupa bahwa fotografi itu mirip dengan seni yang mengandalkan kreatifitas dan hal itu bisa dibentuk melalui pembiasaan diri dan latihan.

(Baca Juga : Sudut Pengambilan Gambar – Normal, Kodok, Burung, Tinggi, atau Rendah)

Coba saja sendiri selama 1 bulan, dan rasanya Anda akan menemukan sesuatu yang bisa membuat Anda berbeda dari kebanyakan orang dalam hal membuat foto.

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post