Orang Indonesia Ramah Dan Suka Difoto Loh! Jangan Takut!

Salah satu ketakutan, yang menjadi hambatan utama, bagi seseorang dalam menekuni fotografi jalanan adalah perasaan khawatir akan dimarahi dan bentrok kalau memotret orang tak dikenal di tempat umum. Perasaan takut ini kerap membuat tangan susah bergerak meskipun ada momen bagus di depan mata.

Tidak salah sebenarnya karena bagaimanapun ada kemungkinan seseorang merasa keberatan untuk dijadikan obyek foto.

Tetapi, seharusnya hal tersebut tidak berlaku secara umum di Indonesia. Selama menekuni fotografi jalanan dan berburu momen di berbagai tempat di Bogor, tidak pernah sekalipun saya bentrok atau dimarahi oleh mereka yang menjadi obyek foto. Bahkan, tidak jarang mereka justru meminta agar kamera diarahkan kepada mereka.

Melihat hal-hal seperti ini, susah untuk tidak mengambil kesimpulan kalau orang Indonesia ramah dan senang difoto.

Sesuatu yang sebenarnya bisa membantu menyingkirkan rasa khawatir saat hendak memotret di jalanan.

Orang Indonesia Ramah dan Suka Difoto B

Tentunya, tidak semua orang. Pasti ada yang akan merasa keberatan. Tetapi, mayoritas tidak pernah merasa ada masalah kalau mereka dipotret oleh orang yang tak dikenal. Tidak sedikit yang dengan senang hati berpose untuk kita.

Yang terpenting adalah bagaimana menjalin komunikasi. Jika memang ada yang berkeberatan, dan biasanya mereka akan memberikan tanda atau memalingkan muka, jangan dipaksa. Jangan teruskan mengarahkan kamera kepada mereka.

Biasanya pun, mereka tetap akan tersenyum dan tidak misuh-misuh atau marah-marah. Tidak ada yang mengejar dan memaki-maki.

Jadi, kalau memang hendak berburu momen ala fotografer jalanan, ada baiknya dikurangi sedikit rasa takut seperti ini. Orang Indonesia ramah, dan itupun pandangan dari banyak orang asing. Di samping itu, ternyata mereka juga suka difoto, yang bahkan kerap menjadi masalah karena sisi “alami” yang diharapkan dalam genre ini justru tidak bisa didapatkan.

Orang Indonesia Senang Difoto C

Tetapi, apalah artinya satu dua jepretan kalau itu bisa membuat orang tersenyum dan gembira. Dan, itulah yang saya lakukan saat berada di jalan, bersiap memotret siapapun yang meminta. Hitung-hitung menjalin pertemanan dan persaudaraan sesama orang Indonesia.

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post