Tips Unik Berlatih Komposisi Foto Tanpa Kamera

At breakfast, arrange your plate, coffee, cutlery, bread etc. to
how you think it would photograph best. Think lighting, composition,
colour. Then repeat this again for a week to encourage your mind to see
it differently every day ~ Lisa Michele Burns

Kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, maka artinya seperti di bawah ini :

Saat sarapan, atur piring, kopi, peralatan makan, roti, dan sebagainya supaya membentuk komposisi yang bagus (menurut kamu). Pikirkan tentang pencahayaan, komposisi, warna. Kemudian ulangi dan ulangi lagi selama seminggu (dalam susunan yang berbeda), agar pikiranmu melihatnya berbeda setiap hari ~ Lisa Michele Burns

Lucu memang kalau membaca kutipan ini. Tapi, sebelum meremehkannya, sebaiknya perlu diingat kalau yang mengeluarkan perkataan ini adalah seorang fotografer wanita handal yang telah menggeluti fotografi profesional (khusus Traveling dan Landscape) selama lebih dari 10 tahun.

Ia juga pendiri Wandering Lens, sebuah website fotografi yang cukup ternama dan hasil-hasil karyanya memang memukau dan sangat enak dilihat.

Silakan pergunakan kolom pencarian Google untuk menemukan websitenya.

Tips ini  unik memang. Berbeda dari kebanyakan tips yang diberikan para fotografer Indonesia. Tetapi, sebenarnya mewakili apa yang seharusnya dilakukan oleh mereka yang ingin skill fotografinya meningkat, yaitu berlatih.

Memang betul, kita tidak memotret dengan sendok, garpu, atau piring. Semua orang memotret dengan kamera. Tidak ada kaitan secara langsung antara sendok dan kamera.

Hanya saja, tips unik berlatih komposisi foto ala Lisa Michele Burns ini mengajarkan kepada setiap orang yang ingin fotonya bagus beberapa hal, seperti

1. Kreatif

Membuat susunan sendok, garpu, piring dan berbagai hal di meja makan setiap hari dalam susunan yang berbeda akan membuat seseorang harus kreatif. Karena harus dilakukan setiap hari, mau tidak mau ia akan harus berpikir berbeda dalam mencari susunan yang enak dilihat dan menurutnya bagus.

Pikiran akan terbiasa mencari berbagai variasi. Sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam membuat foto.

2. Melihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Memang tipsnya sederhana, tetapi disana diajarkan kalau seorang fotografer tidak boleh monoton. Tidak boleh hanya melihat dari satu sisi saja karena memang selalu ada ribuan kemungkinan yang harus digali

3. Berlatih Setiap Waktu

Banyak yang berpikir bahwa berlatih fotografi haruslah dengan kamera di tangan. Padahal, sebenarnya tidak demikian. Tanpa kamera pun, seseorang bisa terus mempertajam kemampuannya karena inti dari fotografi, ya tetap manusianya. Bukan kameranya.

Kalau kemampuan terasah dan semakin baik, hasil fotonya juga akan semakin baik pula. Sesuatu yang sama sebenarnya dengan seorang petinju yang melakukan shadow boxing, yaitu latihan tanpa ada lawan tanding.

4. Kejelian Memadukan Berbagai Unsur Dalam Foto

Perlahan tapi pasti kalau pembiasaan seperti ini dilakukan, mata akan terasah dan semakin jeli melihat sususnan-susunan yang enak dilihat. Juga mata akan terbiasa pula menemukan dan memadukan berbagai faktor yang berperan dalam sebuah foto, seperti obyek, cahaya, susunan.

Iya kan?

Nah, kalau komentar Anda terhadap tips unik Lisa Michele ini adalah “Kan di Indonesia sarapan tidak pakai roti, sendok, garpu? Bagaimana dong?”

Jawab saya, “Yah jadilah orang kreatif! Berpikirlah agar sarapan Anda bisa juga menjadi sarana berlatih komposisi foto?” Bukankah itu memang tujuannya dari tips di atas? Menjadi kreatif?

Kenapa tidak mencoba sendiri dengan apa yang ada di kehidupan kita?

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post