Foto Sebagai Penyampai Informasi Butuh Tambahan Teks, Sedikit Saja!

Di zaman sekarang, foto bisa berperan sebagai penyampai informasi yang baik. Jadi, bukan lagi hanya sekedar sebuah “seni” untuk memperlihatkan keindahan saja.

Peran media visual, seperti foto, sudah mengambil porsi yang penting dalam berbagai jenis pekerjaan dan bidang, sebagai penyampai data atau informasi.

Hanya saja, untuk melakukan fungsinya yang satu ini, foto tidak bisa berdiri sendiri. Ia masih harus ditemani oleh “teks”. Tidak perlu panjang, tetapi tambahan beberapa kata saja bisa menjadikan sebuah foto memberikan gambaran dan informasi yang lebih akurat kepada siapapun yang melihatnya.

Contohnya di bawah ini

foto sebagai penyampai informasi butuh bantuan teks sedikit saja

Foto di atas sebenarnya sudah cukup informatif. Yang melihat sudah tahu bahwa foto itu adalah tentang peraturan di suatu tempat.

Sayangnya, mereka tidak tahu dimana dan mengapa peraturan itu diadakan.

Tetapi, kalau kemudian foto tersebut ditambahkan dengan teks sedikit, seperti di bawah ini :

foto bisa menjadi penyampai informasi yang akurat dengan bantuan teks
Lapangan Sempur, Kota Bogor

Hasilnya adalah foto itu bahkan bisa memberikan informasi yang lebih luas. Yang melihat bisa bahkan membayangkan lebih banyak dan lebih akurat.

Iya kan?

Dan, memang itulah salah satu fungsi dari caption pada foto, yaitu untuk melengkapi dan merubah sebuah foto menjadi penyampai informasi.

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post