Fitur Wi-Fi Pada Kamera, Perlukah?

 Fitur Wi-Fi Pada Kamera, Perlukah?

Sejak 2-3 tahun belakangan ini, para produsen kamera digital dari berbagai merk, gencar sekali mempromosikan salah satu fitur pada kamera yang mereka tawarkan. Fitur tersebut adalah fitur wi-fi.

Dengan fitur ini, sebuah kamera terkoneksi dengan jaringan internet dengan mudah. Tidak beda dengan sebuah smartphone atau perangkat komputer.

Keberadaan fitur wi-fi ini juga akan mempermudah transfer file foto dari kamera ke komputer tanpa harus melalui kabel data lagi.

Keuntungan memiliki fitur wifi pada kamera juga membahagiakan para pecandu media sosial yang gemar update status. Begitu foto jadi, selama ada jaringan internet, mereka akan bisa mengupdate status di Facebook atau Instagram.

Begitu juga dengan para kuli tinta atau wartawan, terutama wartawan foto. Mereka bisa mengirimkan foto dari sebuah momen berita dengan cepat ke meja redaksi. Hal ini sangat penting mengingat ada tenggat waktu yang harus dipenuhi.

Jadi, fitur wi-fi jelas memiliki banyak kegunaan.

Tetapi, saya merasa tidak perlu fitur itu ada di kamera. Hal ini tidak akan pernah masuk menjadi bahan pertimbangan kalau suatu waktu saya akan mencari ganti si Canon 700D.

Sama sekali tidak penting (buat saya) karena saya bukan penggemar media sosial. Terakhir kali status Facebook saya diupdate sekitar 3-4 bulan lalu, itupun setelah tidak aktif selama lebih dari setahun.

Kalaupun merasa perlu mengupdate Instagram, rasanya tidak perlu bur-buru dilakukan.

Belum lagi, rasanya foto yang dihasilkan si EOS 700D tadi perlu sedikit sentuhan Photoshop atau GIMP sebelum bisa ditampilkan ke muka umum. Tidak banyak biasanya hanya sedikit perbaikan contrast, white balance, atau saturasi warna saja.

Dan, semua itu tidak nyaman dilakukan di kamera. Saya lebih menyukai melakukannya di komputer. Apalagi, fitur kamera itu ada harganya, alias membuat mahal harga kamera.

Jadi, saya tidak merasa perlu ada fitur wi-fi pada kamera dan hal itu tidak membantu apa-apa.

Bagaimana dengan Anda ? Apakah Anda merasa perlu?

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post