Cara Merubah Foto Menjadi Sketsa Indah Dengan LunaPic

Yah, memang. Merubah foto menjadi sketsa digital bukan termasuk dalam wilayah fotografi. Jujur saja, yang satu ini pasti merupakan bagian dari digital imaging, atau membuat gambar digital.

Tetapi, apa mau dikata. Perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia membuat satu bidang tidak bisa terlepas dari bidang lainnya secara sempurna. Pasti akan selalu terkait satu dengan yang lain.

Memang itulah gunanya teknologi.

Dan, memang dalam hal yang satu ini, teknologi perangkat lunak pengubah citra mempermudah kehidupan banyak orang, terutama bagi mereka yang bergelut dalam bidang percetakan dan desain.

Bayangkan saja kalau mereka harus mencetak foto yang dihasilkan kamera digital dengan 24 megapixel ke atas kain atau spanduk. Bukan hanya hasilnya menjadi sangat tidak tajam, justru gambar/foto itu, kalaupun bisa dicetak menjadi tidak terlihat artistik dan menarik.

Belum lagi tingkat kesulitan untuk mendapatkan detail yang sama dengan foto akan membuat para penggelut bidang percetakan akan pusing tujuh keliling.

Tetapi, hidup mereka menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi.

Coba saja tebak kira-kira, lebih mudah mana mencetak di atas kertas atau plastik dua image di bawah ini.

Foto hasil Canon 700D 18 Megapixel

Pastinya, siapapun yang bergelut di bidang percetakan akan mengatakan foto yang kedua lebih mudah. Bahkan, di zaman digital printing sekalipun, tetap image kedua akan lebih mudah dihasilkan.

Terutama kalau harus dicetak di atas kain, atau benda lain yang tidak memiliki kerapatan sama seperti kertas foto.

Iya kan?

Dan, ternyata untuk mengubah foto menjadi sebuah sketsa digital seperti itu di zaman sekarang tidaklah rumit. Tidak perlu memanggil pelukis sketsa untuk menggambar ulang foto.

Tidak perlu biaya apa-apa, selain tentunya untuk internet dan perangkat komputer untuk mengolah imagenya saja. (Dan, kopi serta cemilan untuk menemani saat mengerjakannya)

Bisa dikata gratis!

Juga, sangat mudah melakukannya. Tidak beda dengan mengoperasikan aplikasi di gadget berbasis android.

Tidak percaya?

LUNAPIC : Merubah Foto Menjadi Sketsa Digital Indah

Yap.

Sangat mudah.

Saya bukanlah ahli editing foto. Juga bukan seorang digital artist, atau seniman digital. Pengetahuan saya terbatas sebagai operator program yang memiliki “menu” sederhana saja.

Pengetahuan ini didapat saat hendak mencoba berbisnis tas blacu dan membutuhkan desain yang sederhana, tetapi unik, artistik dan enak dilihat. Sayangnya, semua foto yang dibuat untuk hobi terlalu berat untuk dicetak, bahkan oleh mesin digital print. Hasilnya juga kurang memuaskan.

Untuk itulah kemudian, saya mencari software yang bisa merubah foto menjadi sketsa digital agar mudah dicetak di atas kain.

Pencarian saya berujung pada aplikasi online bernama Lunapic. Entah siapa yang memilikinya, tetapi aplikasi ini sangat berguna karena bisa menghasilkan desain yang bagus tanpa harus membuang banyak waktu dan tenaga.

Syaratnya hanya satu, kebetulan saya punya banyak, yaitu foto.

Silakan lihat saja hasilnya. Dari satu foto, bisa dijadikan berbagai macam variasi sketsa yang tentunya lebih sederhana, tetapi tetap enak dilihat.

Betul kan?

Cara merubah foto menjadi sketsa digital 3

Cara Merubah Foto Menjadi Sketsa Digital Dengan LunaPic

Saya bilang sederhana. Sangat sederhana. Semua orang “seharusnya” bisa karena tidak perlu keahlian khusus. Yang penting adalah kemauan untuk mencoba berkreasi.

Hanya perlu memilih efek-efek yang sudah disediakan pada website itu saja.

Ikuti saja langkahnya di bawah ini :

  • Buka Website Lunapic di SINI
  • Anda akan langsung dibawa ke menu “editor”
  • Tekan tombol “Browse”
  • Pilih foto yang akan diubah/diedit
  • Setelah memilih, tekan “Open” . Tampilannya akan seperti di bawah ini

cara mengubah foto menjadi sketsa dengan lunapic 2

  • Perhatikan di bagian atas ada berbagai menu, seperti “Art”, “Filter”, “Effect”, dan banyak lagi lainnya. Tidak beda dengan software photo editing
  • Silakan coba berbagai pilihan yang ada. Sebagai contoh saya melakukan editting dengan menekan tombol “art” dan kemudian memilih “Smoke” dan hasilnya seperti di bawah ini

Cara merubah foto menjadi sketsa digital 5

  • Setelah puas melakukan editing dan menemukan sketsa dari foto yang diinginkan, lanjutkan dengan menyimpan hasilnya. Caranya, lihat di bagian bawah foto ada menu “SAVE”
  • Tekan dan kemudian simpan di komputer Anda

Selesai.

Itu saja dan Anda sudah memiliki sketsa yang indah dari sesuatu yang sebelumnya sebuah foto.

Dan, percayalah, dalam dunia percetakan tool seperti ini sangat berharga. Bagi mereka yang hendak membangun bisnis dengan menggunakan desain, hal ini juga mengurangi beban biaya.

Mencetak foto di atas kain atau benda yang bukan kertas, jelas lebih mahal dibandingkan mencetak sketsa ini.

Cara merubah foto menjadi sketsa digital 9

Jadi, meskipun saya bukan seorang seniman digital dan tidak menggelutinya, tetapi sedikit pengetahuan ini rasanya terlalu sayang untuk dibagikan.

Untuk itulah tulisan ini dibuat. Sekedar untuk berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post