• September 21, 2019

Cara Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Menggunakan GIMP

 Cara Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Menggunakan GIMP

Mata merah? Hilangkan saja dengan Insto!” Begitu kata iklan obat tetes mata kalau menghadapi mata merah. Dan rasanya, banyak fotografer yang berharap bisa semudah itu menghilangkan mata merah pada foto digital. Jika memang obat tetes mata bisa melakukannya, pasti para fotografer sudah membeli berbotol-botol.

Sayangnya, tidak semudah yang iklan sebutkan.

Apa itu Efek Mata Merah Pada Foto?

Efek mata merah pada foto adalah hal yang umum ditemukan saat memotret dengan menggunakan flash atau lampu kilat. Baik build-in atau tambahan keduanya sama-sama memungkinkan terjadinya efek ini. Belum lagi ditambah beberapa penyakit mata, seperti katarak yang diidap seseorang.

Pada saat memotret dengan lampu kilat, dalam sekejap banyak cahaya terpancar langsung ke arah obyek, terutama manusia. Dan, pastinya karena wajah adalah bagian yang paling sering menjadi sasaran, mau tidak mau bagian matapun terkena terpaan cahaya yang cukup banyak dalam waktu singkat.

Hal ini berakibat, retina, bagian mata yang bertugas menerima dan menerjemahkan cahaya menjadi sinyal ke otak kebanjiran cahaya. Sebagian dari cahaya itu akan dipantulkan kembali ke arah lensa kamera.

Sayangnya, pada saat cahaya terpantul itu, suplai darah yang berada di bagian belakang mata juga terlihat dan terekam oleh kamera.

Jadilah fotonya memiliki mata merah.

Seperti yang saya alami beberapa waktu lalu saat memotret perayaan Cap Go Meh Bogor 2018 yang berlangsung hingga malam hari. Keterbatasan cahaya memaksa sang built-in flash harus dipergunakan. Hasilnya, ada saja foto dengan mata merah di dalamnya.

Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Dengan GIMP 2

Cara Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Dengan GIMP

Menyebalkan? Sesaat ada rasa itu keluar juga. Sudah mendapat foto wajah cantik, tetapi matanya berwarna merah. Jadinya, mirip vampir yang cantik.

Sesaat saja.

Tidak lama karena saya cukup paham bahwa masalah mata merah pada foto adalah sesuatu yang umum terjadi. Dan, ada penyembuhannya.

Bukan memakai Insto atau obat tetes mata lainnya. Obatnya bernama foto editing software, seperti Photoshop atau GIMP (GNU Image Manipulation Program). Disana tersedia fasilitas untuk menghilangkan efek mata merah ini.

Tidak terlalu susah melakukannya, hanya butuh sedikit kesabaran dan ketelitian supaya fotonya tidak “rusak” dan berubah terlalu banyak.

Ikuti saja langkahnya seperti ini.

  1. Buka GIMP
  2. Buka foto yang obyeknya bermata merah
  3. Kemudian Zoom sebesar mungkin untuk memastikan pengeditan bisa dilakukan dengan teliti dan tidak mengganggu bagian yang lain
  4. Pilih menu “TOOLS” dan kemudian “SELECTION TOOLS”
  5. Ada tiga pilihan. Jangan pergunakan yang “Rectangle”, tetapi pilih “Ellipse” atau ” Free Select” . Karena bentuk mata agak bulat (elips), saya memilih memakai “Ellipse” selection tool
  6. Lingkari bagian mata yang berwarna merah, tidak perlu semua agar bagian yang tidak perlu diedit tetap sama                           
  7. Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Dengan GIMP 3 Kemudian, klik menu “FILTERS” atau letakkan kursor di bagian yang di “select” dimana akan keluar menu
  8. Lanjutkan dengan pilih menu “ENHANCE” dan lanjut dengan “RED EYE REMOVAL”               
  9. Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Dengan GIMP 4
  10. Silakan geser scroll bar berwarna biru ke arah kanan sampai warna merah berubah menjadi hitam/abu-abu sesuai dengan kemauan
  11. Ulangi lagi untuk mata yang satunya lagi dengan langkah yang sama
  12. Hasilnya akan seperti di bawah ini

Menghilangkan Mata Merah Pada Foto Digital Dengan GIMP 7

Hilangkan mata merahnya? Tidak perlu Insto juga bisa.

Nah, itulah sedikit tips menghilangkan mata merah pada foto menggunakan GIMP. Silakan coba sendiri kalau memang masih ada simpanan foto “manusia bermata vampir” yang kurang enak dilihat.

 

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post