Arti Kode APS-C (Sensor) : Yang Pasti Bukan Full Frame

Pernah membeli kamera Mirrorless atau DSLR, baik via online atau langsung datang ke toko? Kalau sudah pernah, pasti setidaknya pernah mengetahui atau setidaknya penjualnya mengatakan bahwa sebuah kamera memiliki APS-C Sensor. Tetapi, kerap kali banyak yang tidak mengerti apa arti dan makna dari kode APS-C itu, iya kan?

Nah, APS-C itu sebenarnya adalah singkatan dari Advanced Photo System type-C atau dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagaii “Sistem Foto Lanjutan tipe C”. Dan , Kode APS-C ini merujuk pada ukuran sensor yang dipergunakan sebuah kamera.

Artinya, sensor yang dipergunakan oleh kamera dengan spesifikasi seperti ini berukuran antara 25.1 X 16.7 mm (bervariasi tiap produsen/merk).

Kalau diterjemahkan lebih lanjut, kamera ini memiliki sensor yang lebih kecil dari kamera Fukl Frame yang memiliki sensor berukuran 36 X 24 mm. Ukuran sensor kamera Full Frame ini sama dengan ukuran negatif film yang dipergunakan pada masa kamera analog. Ukuran kamera dengan sensor APS-C kurang lebih 2/3 dari sensor kamera.

Ukuran sensor yang lebih kecil inilah yang kerap membuat kamera APS-C dikenal juga dengan kamera “Cropped-Sensor” atau “Cropped Frame” karena ukurannya bagaikan sudah dicrop/dipotong.

apa itu kamera full frame
Ilustrasi

Tentunya, ukuran sensor yang lebih kecil berpengaruh terhadap hasil. Jika dibandingkan dengan kamera Full Frame, ketajaman warna dan banyak hal lainnya pada foto kamera APS-C akan berada di bawah versi Full Frame.

Tidak berarti hasil fotonya pasti lebih jelek dan tidak enak dilihat. Dalam fotografi, kamera hanyalah salah satu faktor dari beberapa faktor yang membuat foto menjadi bagus, yang lainnya seperti skill, moment, kejelian, komposisinya, dan masih banyak lainnya.

Kamera dengan kode APS-C akan berharga lebih murah dan terjangkau dibandingkan koleganya yang bersensor lebih besar.

Contoh kamera APS-C banyak sekali, seperti kelas entry level Canon 1300D, Nikon D5300, Canon 700D, dan masih banyak lagi di pasaran.

Contoh hasil jepretannya, ada di bagian atas tulisan ini, dan kebanyakan foto di blog ini dihasilkan oleh kamera bersensor APS-C.

Mohon bantu share

Anton Ardyanto

http://www.lovelybogor.com

Seorang blogger seorang pecinta fotografi, seorang ayah, seorang anak, seorang suami seorang tetangga.. Cuma orang biasa yang gemar melihat dunia dari viewfinder kameranya

Related post